Sunday 16 October 2011

Enam Peringkat Cinta (Maratibul-Mahabah)


Syaikh Ibnul Qayyim, enam peringkat cinta (maratibul-mahabah), 


1. Peringkat pertama dan yang paling tinggi/paling agung adalah Tatayyum, yang merupakan hak Allah semata.
 “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Rabbul alamiin. Dan orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah” (S.2: 165)
Jadi ungkapan-2 seperti: Kau selalu di hatiku, bersemi di dalam qalbu atau Kusebutkan namamu di setiap detak jantungku, Cintaku hanya untukmu, dll selayaknya ditujukan kepada Allah. Kerana Dialah yang memberikan kita segala nikmat/kebaikan sejak kita dilahirkan, bahkan sejak dalam rahim ibu.
Jangan terbalik, baru berkasih secuil cinta dan kenikmatan sama si dia kita sudah mau menyerahkan jiwa raga kepadanya yang merupakan hak Allah. Lupa kepada Pemberi Nikmat,
 “ Maka nikmat apa saja yang ada pada kalian, maka itu semua dari Allah”(S. 2: 165).

2. Peringkat ke-2; Isyk yang hanya merupakan hak Rasulullah saw.
Cinta yang melahirkan sikap hormat, patuh, ingin selalu membelanya, ingin mengikutinya, mencontohnya, dll, namun bukan untuk menghambakan diri kepadanya. “Katakanlah jika kalian cinta kepada Allah, maka ikutilah aku (Nabi saw) maka Allah mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian”.(Ali Imran: 31)

3. Peringkat ke-3; Syauq yaitu cinta antara mukmin dengan mukmin lainnya.
Antara suami isteri, antara orang tua dan anak, yang membuahkan rasa mawaddah wa rahmah.



4. Peringkat ke-4; Shababah yaitu cinta sesama muslim yang melahirkan ukhuwah Islamiyah.

5. Peringkat ke-5; (simpati) yang ditujukan kepada sesama manusia. Rasa simpati ini melahirkan kecenderungan untuk menyelamatkan manusia, berdakwah, dll.

6. Peringkat ke-6 adalah cinta yang paling rendah dan sederhana, yaitu cinta/keinginan kepada selain manusia: harta benda. Namun keinginan ini sebatas intifa’ (berguna/bermanfaat)

2 comments:

  1. salam singgah...

    syukran ats perkonsian moga2 kita tidak berada cinta pada no.6..

    amin.

    ReplyDelete
  2. Wsalam warahmatullah..
    Shukran kembali atas kunjungan blog ini

    Ye, lorongkan cinta pd lndasan yg sptutnya. moga kte smua beroleh ridha dariNya..mgapai stanza cintaNya yg kte smua idam2kan

    InshaAllah,amin..^^

    ReplyDelete